TEMBILAHAN (MR) – Sebanyak 115 orang Calon Mahasiswa Baru (Camaba) program studi strata satu (sarjana) berkompetisi mendapatkan kesempatan mengenyam bangku kuliah di Universitas Islam Indragiri (Unisi), Senin (29/4/2019) pagi, kemarin.
Ujian tertulis tersebut berlangsung di Kampus 2 Jalan HR Soebrantas, Tembilahan. Hal itu dilakukan secara serentak dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang 1.
Selama 120 menit peserta ujian diharuskan mngerjakan 100 buah soal pilihan ganda yang terdiri dari Tes Kemampuan Dasar (soal bidang Agama, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan potensi akademik), dan Tes Kejurusan (soal bidang IPA dan IPS).
Selain secara serentak, ujian tulis juga telah diikuti belasan camaba melalui jalur One Day Service (ODS) atau pelayanan satu hari berupa kemudahan mempersingkat tahapan pendaftaran sekaligus ujian secara mandiri.
Hasil ujian tulis PMB Unisi Gelombang 1 sendiri akan diumumkan pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang baik untuk jalur ujian serentak maupun jalur ODS. Selain manual pada papan pengumuman kampus, pengumuman tersebut juga direncanakan akan diposting melalui surat kabar lokal, dan juga dapat diakses pada alamay website resmi Unisi.
Kabag LPPH Unisi selaku panitia, M Saroji saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa jumlah 115 peserta PMB Unisi Gelombang 1 tahun 2019 ini jauh meningkat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan PMB tahun 2018 lalu pada gelombang yang sama.
“Jika merujuk target penerimaan maka jumlah pendaftar atau camaba yang mengikuti ujian hari ini masih belum tercapai, setidaknya hingga gelombang 1,” katanya.
Kemungkinan hal ini disebabkan karena siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat masih memiliki kegiatan di sekolah asal masing-masing, sebab lain sebagian mereka masih menunggu kepastian PMB di perguruan ternama lainnya.
Sementara itu, ditempat terpisah, Rektor Unisi Dr H Najamuddin Lc MA menanggapi baik terhadap ujian tersebut.
“Melalui pelaksanaan PMB ini, Unisi Tembilahan memiliki harapan yang tinggi untuk membuka atau memberikan peluang sebesar-besarnya bagi anak negeri berkuliah atau berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi khususnya di Unisi Tembilahan, sehingga kedepan akan tersedia SDM yang handal demi kemajuan kampung halaman, daerah Indragiri Hilir,” kata Rektor.
Untuk itu Unisi kembali mengundang kepada siswa lulusan SMA sederajat dan masyarakat yang belum menentukan pilihan perguruan tinggi lanjutan agar bersegera mendaftarkan diri dan bergabung dengan Unisi Tembilahan karena selain berbiaya murah terjangkau terbukti lulusan keluaran Unisi juga mampu bersaing di untuk lapangan pekerjaan.
Seuai jadwal, Unisi kembali akan membuka tahapan PMB Gelombang 2 pada tanggal 6 Mei hingga 21 Juni 2019, dan Gelombang 3 atau terakhir pada 24 Juni hingga 10 Agustus 2019 mendatang.***(mir/rls)

Sumber : monitorriau.com

Leave a Reply