Tembilahan – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Indragiri (BEM UNISI) Tembilahan menggelar seminar dan pelatihan jurnalistik, (Selasa 30/4). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Indragiri Dr. Najamuddin, Lc. MA dan dihadiri Pengadilan Negeri, Dekan, Kaprodi, Bawaslu, Presma, Perwakilan dari setiap sekolah, perwakilan mahasiswa UNISI dan kerjasama rektorat Bapak Bayu rianto, S.Si M.Kom Beserta Pemateri Seminar dan Pelatihan Jurnalistik di Hotel Dubest Tembilahan.
Dalam pelaksanaan Seminar Jurnalistik tersebut, menghadirkan pembicara handal yaitu, Rida Ayu Agustina mengisi materi tentang Teknik Penulisan berita, Mirwan mengisi materi tentang Kode Etik Jurnalistik, Habibi , wawancara dan menulis berita, Trio beni saputra peran pemerintah kabupaten inhil dalam dunia jurnalistik dan terakhir oleh PWI inhil peran fan fungsi organisasi wartawan .
Seminar tersebut berlangsung 1hari yang dimulai dengan pembukaan. Dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Indragiri Dr. H. Najamuddin, Lc., MA dan di hadiri oleh sejumlah pejabat kampus serta mahasiswa dan siswa/siswi tingkat SLTA.
Pemateri diantara nya adalah M. Mirwan, S.Pd. dan Rida ayu agustina, S.Pd. mereka adalah merupakan alumni Universitas islam indragiri dan mereka sekaligus sebagai Narasumber pada seminar tersebut merek menjelaskan seperti Teknik dasar penulisan berita, Kode etik jurnalistik, teknik wawancara dan lain-lain.
Tujuan nya adalah supaya siswa dan mahasiswa dapat mengembangkan kreatifitas mereka melalui pelatihan jurnalistik ini dan memberikan pelatihan mereka untuk menjadi jurnalis yang independen dan profesional.
Adapun salah satu poin utama dalam menulis berita yaitu mengetahui dasar penulisan dalam dunia jurnalistik, 5W dan 1H . Lalu dilanjutkan dengan teknik wawancara yang benar dan akurat dalam menyampaikan pertanyaan ke narasumber.

sumber : LPM Amulet Unisi

Leave a Reply