Berita LLDikti

LLDIKTI X Sosialisasikan Penilaian Angka Kredit Dosen Lektor Kepala dan Guru Besar

Padang – LLDIKTI Wilayah X sosialisasikan Penilaian Angka Kredit (PAK) online untuk jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar bagi Perguruan Tinggi Swasta, Rabu (13/12).
Dalam sambutannya, Kepala Bagian Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah X Febrina Fitri, SE, M.Si mengatakan dalam hal pemeringkatan perguruan tinggi, kualifikasi dosen menjadi salah satu poin yang dinilai. Selain jenjang pendidikan dosen, sertifikasi dosen, jabatan akademik Lektor Kepala, dan Guru Besar menentukan penilaan akreditasi.
“Semakin banyak dosen bergelar pendidikan S3 serta dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar akan meningkatkan penilaian dan mutu di perguruan tinggi,” ucap Febrina.
Sementara itu, Kepala Subaggian Pendidik dan Tenaga Pendidikan Rery Anton, ST, MM menjelaskan dari data yang ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi di LLDIKTI Wilayah X per November 2018 dari 9400 dosen, 7862 orang berkualifikasi S2. Sebanyak 529 orang di antaranya sudah berkualifikasi S3. Sementara itu, dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala berjumlah 401 orang dan guru besar masih sangat sedikit, hanya 22 orang.
Tampil sebagai narasumber Tim PAK LLDIKTI Wilayah X Prof. Hafrizal Syandri dan Dr. Ansofino. Menurutnya, dalam usulan jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar PTS pengusul perlu memeriksa semua kelengkapan dokumen sebelum dikirimkan ke LLDIKTI Wilayah X.
Kegiatan ini bertujuan agar PTS dalam usulan dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar mengetahui serta memahami semua dokumen usulan. Nantinya, usulan tersebut akan diteruskan LLDIKTI Wilayah X ke Sistem Penilaian Angka Kredit Dosen Kemenristekdikti untuk diverifikasi dan diperiksa semua kelengkapan dokumen usulan.
PTS harus teliti dalam penulisan tautan jurnal dosen yang diusulkan. Misalnya, untuk Lektor Kepala tautan jurnal internasional bereputasi terindeks scopus/thompson harus lengkap agar tidak terjadi kesalahan saat pemeriksaan. (HR)

sumber : LLDikti Wil. X

Leave a Reply