Berita Terbaru - UNISI

FTIK Unisi Serahkan Alat Tepat Guna pada Desa Sungai Raya

Tembilahan Dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Islam Indragiri (Unisi) melakukan sosialisasi alat tepat guna khususnya bagi petani pinang di Desa Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Senin (14/6/2021) yang diselenggarakan di balai desa.
Dekan FTIK, DR Abdullah menuturkan bahwa alat penyungkil buah pinang tersebut merupakan karya dari dosen FTIK dan mahasisawa Prodi Teknik Industri.
“Ini merupakan karya dari Dosen dan Mahasiswa Unisi, semoga ini dapat membantu para petani di desa ini,” sebut Abdullah.
Dia menjelaskan bahwa alat sederhana ini diharapkan dapat membantu peningkatan produktivitas kerja petani pinang dalam membersihkan pinang dari kulitnya namun tetap dalam kondisi yang baik tanpa merusak daging pinang sehingga pada akhir juga dapat memiliki nilai jual yang tinggi.
Selain itu, Abdullah berharap Desa Sungai Raya dapat menjadi desa binaan FTIK Unisi. “Semoga kegiatan ini terus terlaksana dan kedepan desa sungai raya dapat d jadikan desa binaan FTIK Unisi,” harapnya.
Selain itu, ia juga mengajak masyarakat Inhil untuk berkuliah di Unisi.
Sementara itu, Kepada Desa Sungai Raya Kartiniwati sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat khusunya petani pinang.
“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut,” tuturnya.
Pada kegiatan ini, FTIK Unisi menyerahkan dua unit alat pengupas pinang kepada para petani.
Pada kegiatan ini selain dihadiri oleh perangkat desa, juga dihadiri oleh dosen FTIK yakni Khairul Ihwan, ST., MT, Akbar Alfa, ST., MT, M. Gasali M. ST., MT, Asniati Bindas, S.Ip., MM, 6. Ilyas, S.Kom., M.Kom, Abdul Muni, S.Kom., M.Kom, M. Amin, S.SI., M.Kom, Bayu Rianto, S.SI., M.Kom.(*)

sumber : beritainhil.com

Leave a Reply