Wisuda Tak Berizin, Ijazah Wisudawan PTS Tidak Sah
25 Oktober 2016 tedy

25 October 2016 oleh Sucipto Hadi Purnomo

Wisuda yang digelar oleh perguruan tinggi swasta tanpa disertai izin dari Kementerian Ristek dan Dikti (Kemenristekdikti) menyebabkan ijazah para wisudawannya tidak sah.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignyo, di Jakarta, Senin 24 Oktober 2016. Dirjen Kelembagaan menegaskan hal itu terkait dengan masih adanya PTS yang menggelar wisuda tanpa izin, baru-baru ini.

“Sebelumnya, PTS yang akan menggelar wisuda mengajukan izin penyelenggaraan wisuda dengan menyerahkan nama-nama calon wisudawan ke Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta –Red) di wilayah masing-masing. Kopertis melakukan verifikasi dan validasi, baru kemudian memberikan izin wisuda,” jelasnya kepada redaksikelembagaan.ristekdikti.go.id.

Mengadakan wisuda tanpa seizin kopertis, kata Patdono, merupakan pelanggaran berat sebagaimana disebut dalam Peratuturam Menteri Ristek dan Dikti Nomor 50 Tahun 2015. “Sanksi atas pelanggaran kategori berat antara lain berupa pencabutan izin program studi dan pencabutan izin perguruan tinggi,” ungkap Dirjen.

Patdono mengungkapkan, tahun 2016 sebanyak 243 PTS dinyatakan berstatus nonaktif. Penyebabnya beragam, mulai dari tidak terpenuhinya nisbah (rasio) dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan kelas jauh, tidak terpenuhinya lagi standar penyelenggaraan perguruan tinggi, hingga konflik yayasan.

Terhadap PTS berstatus nonaktif tersebut, Kemristekdikti kemudian melakukan pembinaan. Mereka membuat pakta integritas dan diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan. Langkah itu diikuti penerjunan Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) untuk melakukan pemeriksaan.

rating broker forex

“Selain pembinaan terhadap sejumlah kampus, perguruan tinggi yang terbukti melakukan pelanggaran berat diberi sanks kategori berat berupa penutupan,” tandas Dirjen Kelembagaan.

Diungkapkannya, Patdono Suwignjo kini tinggal puluhan perguruan tinggi dalam kategori bermasalah. “Namun kami selalu melakukan pemantaaun dan pemeriksaan berdasarkan laporan masyarakat, termasuk pemberitaan media massa,” terangnya.

Meski jumlah terus menurun, namun Patdono mengungkapkan, beberapa kampus justru ada yang melakukan pelanggaran. “Ada kampus yang sebelumnya tidak bermasalah  namiun menjadi bermasalah antara lain karena menggelar wisuda tanpa seizin Kopertis,” ucapnya.

Sumber : Kopertis 12

Alamat:
Campus 1:
Jl. Provinsi No. 1, Parit 1
Tembilahan Hulu - Riau - Indonesia
No. Telp: (0768) - , No. Fax: (0768)

Campus 2:
Jl. H.R Soebrantas No. 10
Tembilan - Riau - Indonesia
No. Telp: (0768) - , No. Fax: (0768)

Campus 3:
Jl. K.H Dewantara No. 1
Tembilan - Riau - Indonesia
No. Telp: (0768) - , No. Fax: (0768)

Campus 4:
Jl. Telaga Biru No. -
Tembilan - Riau - Indonesia
No. Telp: (0768) - , No. Fax: (0768)

Fakultas Mahasiswa Falitas
Dosen dan Staff Lembaga/Institusi Partners Link